Saturday, January 16, 2021

Pengalaman Management Trainee (Mill) di PT. KLK Agriservindo, Berau, Kalimantan Timur (Juli 2020) | PART 3

Bimbang....

Yogyakarta (Juli 2020)

Setelah second stage interview KLK, sebenarnya saya mengikuti 2 final interview di perusahaan lain (bukannya saya sombong, hanya memberikan point of view lain aja). Satu pabrik kertas terbesar di Indonesia yang berlokasi di Riau, satunya lagi di salah satu perusahaan refurbishment Valve di Tangerang. Keduanya juga memberikan penawaran kepada saya, namun pertimbangan terbesar saya waktu itu ada 2 : 

Jabatan dan Gaji

Ya wajar aja, saya mencoba realistis dengan money oriented ketika saya masih fresh graduate. "Perusahaan asing nih, ntar bisa jadi manager juga. Masalah lokasi di tengah hutan, urusan belakangan aja lah, toh juga dulu kecilnya dekat kebun sawit", pikir saya.

Tanpa pikir panjang (dengan pertimbangan selama 2 hari wkwk),hari H ketika saya menerima email kelulusan dari KLK, saya langsung menolak 2 perusahaan tersebut dan memilih KLK. Tahap selanjutnya adalah offering secara virtual melalui Microsoft Team sehari setelah email dikirim.

Offering

Saat offering, saya lupa jumlah pasti kandidat yang lulus sampai tahap ini. Hampir 15 kandidat kalau tidak salah. Dan semuanya melamar posisi MT Mill. Inti dari offering itu sebenarnya ada beberapa hal:

  • Pemberitahuan dan penjelasan isi kontrak kerja
  • Penempatan lokasi MT masing-masing kandidat
  • Uang saku dan tunjangan makan
  • Fasilitas yang didapat
  • Keputusan masing-masing kandidat apakah lanjut atau tidak
  • Lokasi keberangkatan masing-masing kandidat untuk pembelian tiket pesawat oleh pihak KLK
Saat itu saya mendapat penempatan di pabrik Berau, Kalimantan Timur bersama kandidat lain dari Universitas D di Semarang. Jadi setiap pabrik mendapat penempatan 2 anak MT pabrik. Secara keseluruhan,region site KLK terdapat di : Sumatra Utara, Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Bangka Belitung, Sumatra Selatan.

"Waduh dapat Kalimantan nih... Gapapalah hitung-hitung belum pernah ke Kalimantan", ujarku.

Secara overall, gaji dan fasilitas di KLK sebenarnya cukup OK bila dibandingkan dengan perusahaan lain. Bayangkan, untuk ukuran freshgraduate, kalian bisa dapatin rumah (untuk tinggal berdua), gaji yang lumayan, maupun fasilitas lain seperti kendaraan perusahaan. Jadi secara keseluruhan, kalian bisa dapat seperti karyawan yang udah pengalaman 2 tahun di perusahan lain lah.

Oiya setelah tahap offering, kalian harus medical check up di rumah sakit daerah kalian berasal. Biayanya juga ditanggung KLK. Nanti hasil medical check up kalian akan dikirimkan pihak rumah sakit langsung ke KLK. Kalau kalian lolos, kalian baru dibelikkan tiket oleh perusahaan. Oiyaa, karena 2020 masih masa pandemi, kalian juga harus SWAB Test sebelum berangkat, dan dibayari perusahan juga secara reimburse. Saya berangkat tanggal 6 Agustus 2020 menuju Berau dari Yogyakarta International Airport Kulon Progo.

7 comments:

  1. Terus bagaimana sekarang pengalaman setelah bekerja mas? Ceritakan dong keluh kesahnya seperti apa. Ditunggu lanjutan ceritanya ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk keluh kesah boleh di cek di part terakhir.. Saya sudah tulis suka dukanya kok :)

      Delete
  2. Kalau boleh tau gaji nya berapa yaa kak?? Soalnya sudah searching ga ketemu kak🙏🏻

    ReplyDelete
  3. keren keren. ini ada lowongan lagi KLK lagi nyari MT Field. kepo jadi search dulu background perusahaannya. and well, mau nyoba sih bismillah

    ReplyDelete
  4. Hallo kak saya mau tanya pada saat offering apa kita diberi waktu untuk menentukan lanjut apa tidak? Atau lgsg pada saat itu

    ReplyDelete
  5. Thank you very much for this comment and reviewing it with the knowledge I have. Very interesting. Distributor Hidrolik

    ReplyDelete