Friday, January 15, 2021

Pengalaman Management Trainee (Mill) di PT. KLK Agriservindo, Berau, Kalimantan Timur (Juli 2020) | PART 1

Kerja di KLK ?        

        Sebenarnya ini salah satu pengalaman yang berkesan dalam hidup saya, walau akhirnya tidak jodoh dengan perusahaan bersangkutan. Bukan berarti semua yang berkesan harus berbuah manis kan? Hehehe..

Juli 2020, Yogyakarta

        Saya diundang untuk interview (via Microsoft Team) atas lamaran yang saya apply. Ya, PT. KLK Agriservindo, perusahaan asal Malaysia yang bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan hasil kelapa sawit. Saat itu saya melamar posisi MT Mill (Pabrik), karena saya rasa....ya lebih tepat aja dengan latar belakang studi saya wkwk.  Beginilah proses interviewnya yang masih saya ingat :

Pukul 09.00 (First Stage Interview)

        Saya mendapat kesempatan untuk interview dengan salah satu petinggi KLK, Bapak tersebut warga negara Malaysia. Beliau meminta saya untuk memperkenalkan diri dengan Bahasa Inggris. "Good mornig Sir, let me instroduce my self. My name is ....., i've graduated from Gadjah ..... University, majoring on Engineering ......, majoring on ....... My core skills on ........, and i applied this position because ........" . Begitulah kira-kira yang saya sampaikan ketika bagian introduction kepada beliau. (tidak saya isi lengkap karena alasan tertentu hehe.)

Hati saya sedikit tenang karena berhasil ngomong inggris ke beliau dengan "agak" sedikit lancar hehe."Okeii, i will continue this interview with english, can you?" timpal beliau. Seketika saya langsung panik dan bingung. "Okei Sir of course" saya jawab dengan nada yang sedikit gugup. Ya wajar aja saya bukan orang yang bisa ngomong inggris dengan fluent, karena saya lebih suka belajar inggris grammarly dan secara vocab ketimbang secara speaking.

Lanjut ke interviewnya. Sebenarnya inti pertanyaannya itu kalau versi saya seperti ini (dalam bahasa indonesia) :

1. Kamu tau proses pengolahan sawit gak?

2. Kamu tau lingkungan di sawit itu gimana?

3. Kalau kamu tau, kenapa kamu bersedia ditempatkan di lingkungan sawit?

4. Kamu mau gak kalau saya tempatkan di kalimantan?

5. Bagaimana cara kamu meyakinkan orang tua kamu?

Overall, interview tahap 1 itu lebih ke arah kesiapan mental kamu, kembali lagi ya tanya ke diri kamu.

        Kamu siap gak kerja di hutan yang jauh dari lingkungan kota? Kamu tahan gak kalau gak ke mall? kamu tahan gak kalau gak ke kafe? Kamu tahan gak kalau tinggal di tengah hutan? kamu kuat gak kalau jauh dari keluarga, jauh dari ortu? begitulah sejujurnya yang harus kamu tanyakan ke diri kamu. Kalau kamu orangnya suka jalan-jalan, nongkrong, nonton, saya rasa mending kamu tolak aja. Karena ini juga terkait dengan rasa nyaman kamu pas kerja di KLK. 

        Saya jawab semua pertanyaan beliau dengan rasa optimis wkwk. Ya karena 2 alasan, pertama karena saya udah nganggur 8 bulan semenjak saya lulus dari Universitas Gadjah ..... . Kedua, karena dulu sebenarnya saya tinggal 8 tahun dekat dengan lingkungan perkebunan sawit (tepatnya di Pangkalan Kerinci, Riau). Jadi ya saya udah terbiasa aja hidup jauh dari hingar bingar dunia hehe...

Untuk interview pertama ini, ada kesalahan fatal yang saya lakukan :

        Saya sudah mempelajari latar belakang perusahaan, tapi saya lupa mempelajari proses pengolahan buah sawit hingga mejadi minyak mentah ( CPO). Jadi buat kalian yang ngedaftar MT Mill, jangan lupa mempelajari hal ini.

Seminggu kemudian, saya menerima email dari KLK dengan kata awal "Congratulation". Yeayy saya lulus interview tahap awal.....

 

4 comments:

  1. Maaf mas mau tanya, untuk jarak dari isi form ke interview waktu itu berapa lama ya?

    ReplyDelete
  2. Waduh saya lupa dek, yang pasti ntar dikabari email kok klau kamu lulus berkas..

    ReplyDelete
  3. Mohon maaf mas boleh minta koneksi semacam akun LinkedIn gitu? mau bertanya-tanya perihal sistem serta teknis baik seleksi maupun pekerjaan disananya, untuk saat ini saya seorang freshgraduate, Terima Kasih

    ReplyDelete