Friday, January 15, 2021

Pengalaman Management Trainee (Mill) di PT. KLK Agriservindo, Berau, Kalimantan Timur (Juli 2020) | PART 2

"Kamu bisa jadi manager di KLK!"

Second stage interview | MT Mill KLK

Yogyakarta (Juli 2020)

Masih dengan platform yang sama, namun dengan interviewer yang berbeda. Karena saya melamar MT Mill (pabrik), interviewer kali ini adalah seorang Mill Advisor /Senior Mill Manager di salah satu pabrik KLK. Beliau adalah juga WN Malaysia. Berbekal kesalahan saya pada interview tahap 1, saya telah mempelajari proses pengolahan kelapa sawit secara lengkap hehe.

Proses intro saya lewati dengan lancar. Saya masih dan tetap diminta untuk interview dalam bahasa inggris wkwk. Setelah saya memberitahu jurusan dan peminatan ilmu saya selama kuliah, beliau langsung memotong dengan isi percakapan berikut :

Sir : Franky, kamu tau gak posisi yang kamu lamar?

Me : Ya saya tahu Pak. Bagian pabrik pengolahan kelapa sawit.

Sir : Tapi kamu tahu pabrik seperti apa yang saya maksud?

Me : Ya saya tahu Pak, pabrik oleochemical

Sir : Bukan, bukan.. Bukan pabrik oleo

Seketika saya kaget dan bigung. Beliau kemudian menjelaskan kalau proses pengolahan kelapa sawit ternyata menjadi 2 proses.

1. Proses hulu : Pengolahan Fresh Fruit Bunch (buah segar) menjadi Crude Palm Oil (Minyak sawit mentah)

2. Proses hilir : Pengolahan CPO menjadi produk turunan utama, yaitu Olein dan Stearin.

"Pabrik yang dimaksud disini adalah pabrik proses hulu", jelas beliau.

Saya seketika menjadi sedikit bimbang, karena oleochemical merupakan bidang industri yang saya idam-idamkan sejak dulu wkwk. 

Namun saya tetap meyakinkan beliau akan keinginan saya untuk tetap bekerja di KLK walaupun di luar ekspektasi awal saya.

Inti pertanyaan intervie kali ini lebih ke arah teknis dan CV screening sih.

1. Kamu dulu di kampus belajar apa aja yang bisa diterapkan ke pabrik?

2. Instrumentasi itu apa?

3. Kamu tau 4 jenis varibel pengukuran sensor apa aja?

4. Kamu tau orifice plate gak?

5. Kamu dulu pas kerja praktek ngapain aja?

6. Coba jelaskan ke saya apa itu kalibrasi, prosedurnya gimana?

7. Cita-cita kamu dalam 5 tahun ke depan menjadi apa?

8. Di KLK kamu mau jadi apa?

        Yaaa... semua ngebahas tentang latar belakang studi kamu yang bisa diterapkan di pabrik. Untuk interview kali ini sebenarnya pertanyaan tadi diciptakan atas pengetahuan beliau yang begitu luas dalam bidang keteknikan. Karena pada akhirnya ketika saya bekerja di KLK, 85% proses pengolahan di pabrik masih dilakukan secara manual dan mekanik (tidak terkontrol secara terpusat/belum di otomasi) Mungkin juga sebenarnya pertanyaan itu mengandung 2 makna, : basa basi beliau karena sudah mengetahui ekspektasi saya yang terlalu tinggi, atau mungkin hanya sekedar ingin tahu pemahaman saya atas bidang yang saya pelajari selama kuliah wkwk. 

        Oiya, yang bikin sulit sebenarnya penyampaian secara komunikasi bahasa inggris sih, overall karena istilah teknik dalam bahasa inggris juga banyak yang harus dipahami. Untuk 2 pertanyaan terakhir di atas, saya jawab, "Saya ingin menjadi Supervisor Instrument Engineer. Saya ingin punya anak buah 10 orang". 

"Kamu gak mau jadi Manager? Di KLK kamu bisa jadi Manager!" jawab Beliau.

Jawaban yang menutupi kegalauan saya di awal atas ekspektasi keliru saya terhadap posisi yang saya lamar hehehe. Jawaban yang juga menjadi kalimat penutup beliau yang karena masih banyak kandidat lain yang menunggu giliran wawancara.

Pengumuman hasil interview tahap 2 sekitar 2 minggu.

Finally, I got my first offering job... Ya, from KLK... Yeayyyyyyyyyyyy after waiting 8 months...

No comments:

Post a Comment