Saturday, January 23, 2021

Sensor vs Transmitter | INSTRUMENT PART 2

Sensor vs Transmitter

Pada bagian ini, saya coba memberikan informasi berdasarkan apa yang saya pahami dan pelajari. Bahasan pada bagian ini mungkin sedikit lebih rumit dan menggunakan banyak bahasa teknis. Oiya karena satu dan lain hal yang gak bisa saya kasitau, saya akan memberikan banyak contoh di part selanjutnya menggunakan brand/merk SIEMENS hehehe :) 

Sinyal standar

Didalam dunia industri terdapat beberapa sinyal standar untuk alat-alat instrumen :

  • 4-20 mili Ampere (arus listrik)
  • 1-5 Volt DC (tegangan listrik) untuk arus searah
  • 3-15 psi (tekanan pneumatik)
Yang saya mau jelaskan disini adalah pada perbedaan sensor dan transmitter :

Sensor = adalah alat yang mengubah suatu besaran fisis terukur menjadi sinyal listrik 

Transmiter = adalah alat yang dihubungkan dengan sensor dan mengubah besaran fisis terukur tadi menjadi sinyal standar agar dapat : dibaca, disimpan, dan di jaga keaslian nilainya. Jadi supaya nilai yang terukur oleh sensor itu dapat dibaca oleh manusia, biasanya membutuhkan display. Atau jikalau nilai sensor tersebut dapat dioleh oleh kontroler, maka alat tambahan untuk mengubah menjadi sinyal standar. Itulah fungsi transmiter (yang biasanya sudah sepaket dengan display) yaitu untuk menjaga keakuratan nilai terbaca dan untuk kepentingan pengolahan data berikutnya seperti gambar di bawah.

Fungsi transmiter untuk pengolahan data lanjutan

Transmitter juga biasanya terdiri dari beberapa komponen yang menunjang kemudahan, seperti monitor untuk melihat nilai variabel pengukuran, memori yang dapat menyimpan data sensor, modul komunikasi untuk dapat mengirimkan data ke ruang kontroler, dan tentunya electronic circuit untuk mengubah sinyal elektrik tadi.

Seperti yang sudah saya bahas di bagian sebelumnya, ada 4 variabel fisis umum yang dikenal dalam dunia instrumen, terutama terkait dengan field instrumen, yaitu :

Level, Tekanan/Pressure, Kecepatan Aliran/Flow, dan Suhu/Temperature

Pada bagian ini saya akan fokus kepada istilah transmiter, yang menyatakan kesatuan dari device alat ukur tersebut. Jadi sudah komplit satu paket lah istilahnya. Okey lets go to the next part....


No comments:

Post a Comment