Thursday, September 14, 2023

Switch Carrer

Dah lama nih saya gak nulis blog lagi...

For the past 5 or 6 months, saya sedang belajar dan berjuang mengenai dunia web developer. Bukan hanya belajar sih, lebih tepatnya purpose saya adalah untuk "switch career". Bukan hal yang mudah memang, tapi dengan berbagai alasan, akhirnya saya memutuskan mantap untuk melakukannya.

Ditengah  gempuran kemajuan teknologi yang semakin maju, hampir semua sektor industri saat ini membutuhkan sektor IT. Banyak tujuan besar secara umum yang bisa dicapai, apakah itu untuk mempromosikan company atau produk mereka dalam bentuk pemeliharaan web, pengelolaan seluruh data mereka (misalnya data raw material maupun jam kerja perusahaan) ataupun tujuan khusuh seperti pengembangan software komersial bagi company yang memang bergerak di sektor konsultan teknologi. Hal ini juga diperkirakan akan terus berkembang, bahkan isu yang paling sannter adalah teknologi yang dapat menggantikan manusia.

Sebenarnya, saya sudah memiliki niat untuk mempelajari programming sejak tahun lalu. Namun karna saya saat itu masih sibuk menjalani pekerjaan saya as "instrument engineer", saya akhirnya memantapkan langkah saya untuk resign. Ya, keluar dari dunia instrument dan memasuki dunia web programming.

Bootcamp

Saya mengikuti bootcamp selama 5 bulan pada salah satu institusi bootcamp  ternama di Indonesia. Soal biaya, saya memilih pembayaran setelah kerja. Sebenarnya durasi bootcamp ini adalah 4 bulan, namun karna satu dan lain hal, saya tidak lulus di salah satu fase dan harus mengulang kembali selama 1 bulan. Setelah lulus, saya keterima kerja di salah satu konsultan teknologi sebagai Junior Front End Developer dan mendapatkan penempatan pada cabang Yogyakarta. Yeayy akhirnya balik ke kota Seribu Kenangan ini hahaha...


Programming

Setelah saya mengikuti bootcamp, saya paham bahwa programming itu menyangkut 3 hal :
Syntax, Logic, dan Flow.

Syntax itu menyangkut penggunaan simbol dasar seperti: "()" atau "{}" atau tanda "[]". 

Logic itu kebanyakan terkait logika pengkondisian seperti if, while, dan lain2

Sementara Flow, menyangkut alur program, seperti arsitektur konsep MVC (model, view, controller) dalan pengembangan sebuah web.


Web Developer

Dari istilahnya, kita bisa paham job desc nya adalah sebagai pengembang web. Secara garis besar sendiri, web developer terbagi menjadi 2, yaitu backend developer, dan frontend developer. Menurut pemahaman saya, backend simpelnya bertanggung jawab untuk mendevelop sisi server. Bagaimana melakukan request pemanggilan data, bagaimana agar kerja server tidak terlalu berat (optimasi), bagaimana untuk menghandle autentikasi dan autorisasi dan wewenang apa saja yang dapat dilakukan user, dan lainnya. Sementara front end bertanggungjawab untuk menampilkan / visualisasi website yang menarik dan baik.  

Dulunya saya memilih front end untuk menghindari logika-logika rumit programming, namun setelah saya bekerja saya memahami bahwa front end pun menggunakan logika-logika yang rumit jika sudah dikombinasikan dengan library yang digunakan.

Karena saya saat menulis blog ini baru bekerja selama 2 bulan, saya gabisa kasi banyak hal haha.

Oiya kebetulan saya juga memiliki website pribadi yang saya buat menggunakan React (library Javascript for frontend). Kalian bisa cek disini :



My Profile Web


Dibawah ini adalah contoh web yang pernah saya buat:







Thank youu....

No comments:

Post a Comment