Saturday, May 22, 2021

MODBUS MEMANG GILAAAA!!!!! | INSTRUMENT PART 13

Protokol komunikasi apa yang paling gila dalam trilogi protokol komunikasi? 

Saya akan menjawab MODBUS.

Ini didasarkan pada sisi pemrograman PLC MODBUS yang membutuhkan lebih banyak waktu dipelajari, dipahami, dan diresapi wkwkwk. Pada bagian ini, saya akan menjelaskan percobaan yang telah saya coba bersama mentor saya (walau yang lebih banyak berpikir sebenarnya bukan saya sih wkwkwkwkwkwk).

The most insane Protocol

Dulu saya berpikir bahwa ilmu dan seni PLC itu sederhana wkwkwk, ya paling intinya buat program berdasarkan kasus lah wkwk. Setelah saya diajari lebih dalam oleh mentor saya, saya mulai sadar bahwa PLC itu bukan soal pemrograman melulu. Saya diajari cara konfigurasi PLC (power supply yang dibutuhkan berapa ampere, modul komunikasi yang dibutuhkan seri apa, modul analog digital Input/outputnya seri apa) juga diajari cara pengkabelan PLC (PLC nya sebagai sinking atau sourcing ke transmitter, wiring relay dari PLC seperti apa) dan inti dari segala inti adalah terkait pemrograman (cara pemrograman analog input/digital input/digital output/analog output gimana, pemrograman menggunakan trilogi protokol komunikasi gimana) wkwkwk. Intinya PLC itu rumit lah wkwkwkwk.


Master and Slave Analogy


Salah satu analogi yang paling sering digunakan adalah istilah master-slave. Master disini tentunya merupakan PLC (karena seperti yang kita tahu otaknya ya PLC). Satu master (PLC) bisa punya banyak slave, ataupun 2 master/lebih bisa punya banyak slave (redundant system). Slave hanya akan menuruti semua perintah mastrer hanya jika komunikasi diantara master dan slave terjadi secara benar.

Kali ini saya akan sharing pengetahuan mengenai komunikasi menggunakan protokol  MODBUS. Jika sebelumnya pada protokol HART lebih difokuskan pada variabel apa yang ingin ditarik, pada MODBUS lebih difokuskan pada slave address and parameter address apa yang ingin kita tarik. Pada percobaan kali ini saya menggunakan 2 buah slave (instrument) yang support untuk komunikasi MODBUS. Disini saya memilih Level Transmitter MultiRanger dengan sensornya Probe LU untuk slave 1, dan powermeter SENTRON PAC 3100 untuk slave 2. Jikalau pada part sebelumnya saya sudah mencoba menggunakan SENTRON PAC dan berhasil untuk membaca data MODBUS, maka disini saya menambah parameter berupa :

1. penambahan slave menjadi 2 slave

2. tidak hanya bisa membaca data dari slave (read), tapi saya akan mencoba memberikan perintah ke slave (write)

Oke langsung saja masuk ke intinya.....

1. Wiring

wiring modul profibus, slave 1, slave 2

Dalam kabel MODBUS seperti yang pernah saya bilang, walaupun portnya menggunakan konektor DB9, namun jumlah kabel data nya hanya 2. Perlu selalu diingat, bahwa dalam komunikasi MODBUS, wiring slave dikoneksikan secara serial. Jadi urutannya PLC --> slave x --> slave y --> slave z. Tidak bisa slave x --> plc ; slave y --> plc ; slave z --> plc (tidak bisa paralel). Lebih jelasnya seperti gambar di bawah


Modbus wiring from master to N-Slave

2. Program PLC

2A. Blok diagram MAIN

main-1

main-2

main-3

2B. Blok Diagram Status

Blok diagram status

Diagram status digunakan sebagai blok fungsi dari blok main. Yang penting disini adalah melihat tipe data nya saja disesuaikan dengan aturan TIA Portal. Dapat dilihat pada menu HELP TIA PORTAL.

2C. Blok Diagram Receive Data

Blok Diagram Receive Data

Blok Diagram Receive Data merupakan blok dimana data-data yang akan di read ataupun di write akan disimpan. Data ini merupakan fungsi yang diarahkah ke data_ptr setiap blok diagram modbus_master pada main program. Data-data ini sejatinya mengandung data address dari masing-masing slaveHal terpenting disini juga adalah tipe datanya disesuaikan dengan datasheet. Misalnya pada datasheet powermeter ditulikan tipe data Real, maka kita harus membuat tipe data Real juga.

3 Penjelasan Program Ladder 

Flowchart Modbus dengan 2 slave

Flowchart untuk keseluruhan ladder diagram adalah seperti di atas. Intinya ada pada program CTU (counter up). Reset value CTU kita setting sebanyak slave yang mau kita kontrol. Karena disini saya punya 2 slave dan counter up memiliki initial value = 0, maka slave 1 = ctu (0), dan slave 2 = ctu(1). Sehingga ketika semua slave sudah selesai mengambil data, maka pengambilan data akan te-reset ke ctu = 0  (slave 1). 

Intinya :
PLC menyala --> tarik semua data slave 1 hingga selesai (CTU = 0)--> tarik semua data slave 2 hingga selesai (CTU=1) --> tarik kembali data slave 1 dst.....


3A. Program Main

Setiap kali kita ingin menggunakan MODBUS, kita ambil blok diagram MODBUS RTU pada blok komunikasi di sebelah kanan

Function Block Modbus RTU

Blok yang dibutuhkan adalah Modbus_Com_Load dan Modbus_Master. 

Penjelasan Ladder Diagram bagian 2.A MAIN  adalah sebagai berikut :

SLAVE 1 = POWERMETER SENTRON ,  SLAVE 2 = MULTI RANGER XPS LEVEL TRANS

# network_1 setup modbus (blok Modbus_Com_Load)

penjelasan blok modbus_com_load

req = merupakan request atau input apa yang bisa memproses blok tersebut. Disini saya menggunakan fisrt scan yang artinya ketika program dieksekusi PLC, maka program akan berjalan terus tanpa ada kondisi yang menghentikan

port =  diisi dengan port komunikasi RS-485

baudrate = diisi dengan 9600, baudrate ini harus diinput ke semua slave PLC dengan nilai yang sama agar komunikasi bisa terjadi

MB_DB, DONE, ERROR, STATUS diisi dengan variabel yang dibuat dari fumction blok lain.


# network_2 slave 2 data level

penjelasan blok modbus-com_master

Blok program ini untuk memanggil slave-2 (multiranger level transmitter)

en = 1, artinya blok program multiranger aktif setelah counter up bernilai 1 atau setelah PLC mengambil semua data power meter (slave-1)

mb_addr = 2, karena xps (level transmitter)  dalam percobaan ini merupakan slave-2.

mode = 1, mode 1 merupakan perintah write ke slave, sementara mode = 0 merupakan perintah read data dari slave

data addr = diisi dengan 41010 sesuai dengan datasheet Multiranger

Multiranger data address

data ptr = diisi dengan fungsi xps yang telah didefinisikan di blok receive data 2C. Tipe data diisi dengan integer.

Done, Busy, Error, Status diisi dengan fungsi yang telah didefinisikan di blok status 2B.


# network_3 slave 1 data kWh

Salah satu data utama dari power meter adalah data pengukuran kWh.

en = 0, artinya blok program POWERMETER aktif sesaat setelah PLC dinyalakan.

mb_addr = 1, karena power meter dalam percobaan ini merupakan slave-1

mode = 0, karena kita ingin read data dari slave power meter

data addr = diisi dengan 40802 sesuai dengan datasheet power meter (data addr = offset + initial value)

kebanyakan initial value bernilai 40000/40001, jadi 40001+802 = 40802

power meter kWh data address

data len = 4, karena jumlah register pada data kWh di atas tertulis 4

data ptr = diisi dengan fungsi kWh yang telah didefinisikan di blok receive data 2C. Tipe data diisi dengan LReal. Disini lah letak seni PLC, untuk menentukan tipe data saja kita harus mencoba berkali-kali. Karena beda tipe data, beda pula hasil yang akan ditampilkan.


# network_4 slave 1 data kvarh

network 4 sama dengan network 3, yang beda tentunya adalah data_addr = 40805 dan data_ptr disimpan pada fungsi yang berbeda


# network_5 slave 1 27 data

Disini saya akan mengambil langsung data power sebanyak 27 data sekaligus.

en = 0, artinya blok program POWERMETER aktif sesaat setelah PLC dinyalakan.

mb_addr = 1, karena power meter dalam percobaan ini merupakan slave-1

mode = 0, karena kita ingin read data dari slave power meter

data addr = merupakan data address pertama yang diisi dengan 40002 sesuai dengan datasheet power meter (data addr = offset + initial value = 40001 + 1)

kebanyakan initial value bernilai 40000/40001, untuk powermeter bernilai 40001... jadi 40001+1 = 40002

power meter important data address

data len = 53, karena jumlah register (offset) pada data powermeter diatas sebanyak 53

data ptr = diisi dengan fungsi powermeter yang telah didefinisikan di blok receive data 2C. Tipe data diisi dengan Array. Array [0....53] memiliki arti bahwa pengambilan data dilakukan dari ofset 0 hingga 53 secara langsung. Karena data yang ditarik lumayan banyak, maka membutuhkan waktu yang sedikit lama. Selama PLC mengambil 26 data ini, maka fungsi status_comm_master_busy = 1 atau aktif. Jikalau sudah selesai, maka status _comm_master_done = 1.


# network_6 write to powermeter

Jika sebelumnya kita hanya membaca nilai dari slave, sekarang kita akan memberikan perintah ke slave (mode write). Karena kita tahu bahwa variabel kWh merupakan active energi total (total konsumsi energi listrik yang terpakai), maka kita akan mencoba mereset nilai kWh tersebut. Kebetulan pada SENTRON PAC 3100 memiliki mode reset yang bisa diberikan dari PLC. Dapat dilihat pada kolom paling kanan, mode W memiliki arti mode write dari PLC ke Powermeter.


power meter reset function data address

en = 0, artinya blok program POWERMETER aktif sesaat setelah PLC dinyalakan.

mb_addr = 1, karena power meter dalam percobaan ini merupakan slave-1

mode = 1, karena kita ingin write data dari master (plc) ke power meter

data addr = diisi dengan 460005 sesuai dengan datasheet power meter (data addr = offset + initial value)

Ada yang aneh disini, kenapa data addr bukan 60004, 60005 atau 100005 (40001 + 60004)?

Jawaban singkatnya sebenarnya hanya bisa try and error. Namun ketika sudah buntu seperti saya, kita bisa lihat penjelalasan pada TIA Portal. Sesuai dengan datasheet address di atas, tertulis function code 0 x 06. Maka dapat dilihat initial valuenya bisa berupa 40001 atau 400001. Setelah saya coba memasukkan address 100005, fungsi reset tidak berfungsi. Kemudian kita ganti dengan initial valu 400001, sehingga address nya menjadi 460005 dan boooommmmmm, fungsi resetnya berfungsi. Disinilah letak kegilaan MODBUS, banyak nilai-nilai yang susah untuk dijelaskan disini wkwkwk.

Penjelasan TIA Portal untuk offset data

data len = 1 karena register yang dibutuhkan hanya 1.

data_ptr = diisi dengan fungsi reset yang telah didefinisikan di blok receive data 2C.


# network_7 

network 7 merupakan blok move biasa, dimana ketika PLC dinyalakan, maka fungsi move akan bernilai 0.


 # network_8

Ketika step = 0, maka PLC akan mengeksekusi pengambilan semua data pada slave-1. Ketika Status_com_master_busy slave-1 = tidak, maka coil akan close, dan step kemudian akan bernilai 1. Ketika step bernilai 1, PLC akan mengeksekusi blok pengambilan data slave-2.


 # network_9

Ketika step bernilai 1, dan pengambilan data slave-2 (XPS) sudah done, maka akan mentriger output %M10.0. %M10.0 ini nanti akan mentrigger blok CTU Network 10.


 # network_10

Disetting nilai reset = 2 karena hanya ada 2 slave. Ketika PLC selesai mengambil data slave 1 (step = 0 ), kemudian gantian mengambil data slave 2 (step =1), maka step akan te-reset kembali menjadi 0 (kembali mengambil data slave 1), begitu seterusnya secara bergantian dan real time.


 # network_11 reset kWh powermeter

Ketika kita memberikan perintah reset ke powermeter melalui PLC, maka data address reset 460005 (pada data_ptr) akan mendapat nilai 0. Sesuai dengan datasheet, reset = 0 menanadakan bahwa semua data penggunaan energi akan ter-reset menjadi 0.


 # network_12 nonaktifkan reset kWh powermeter

Ketika perintah reset tidak diberikan PLC, maka data_ptr_reset akan mendapat nilai 7. Nilai ini sebenarnya bebas, asalkan diluar rentang nilai reset powermeter

reset value start from 0 - 4


Hasil

Saya kebetulan tidak sempat untuk mendokunmentasikan hasil percobaannya, namun kira-kira hasilnya persis seperti ini. Namun bedanya percobaan kali ini sudah digunakan untuk pembacaan data 2 slave dan sudah mampu memberikan perintah ke slave untuk me-reset nilai di bawah menjadi 0

Pembacaan data PowerMeter

Bisa saya simpulkan komunikasi dengan protokol MODBUS ini sedikit begitu rumit. Alasan saya ada 2 ;

1. Data address terkadang mengandung initial value yang nilainya sedikit abstrak wkwk

2. Tipe data juga harus di try and error, karena terkadang beda tipe data beda pula hasil pembacaan wkwk

Thankyouu.....


Saturday, May 15, 2021

Protokol Komunikasi HART menggunakan LR 250 Radar Transmitter Siemens | INSTRUMENT PART 12

HART Communication Protocol

Didalam dunia industri, dikenal beberapa protokol komunikasi. Beberapa yang paling umum digunakan adalah komunikasi analog (4 mA -20 mA), komunikasi HART, kominikasi MODBUS, komunikasi PROFIBUS. Pada bagian ini, saya akan mencoba menjelaskan 3 protokol komunikasi, yaitu HART, Modbus, dan Profibus. Saya secara teoritis tidak begitu paham ilmunya wkwk mungkin saya akan coba jelaskan secara praktikal saja menggunakan software TIA Portal V.16 dengan bantuan level transmitter radar LR 250 Siemens sebagai inputnya.

Protokol Komunikasi HART

Highway Addresable Remote Transducer (HART) merupakan protokol komunikasi yang menggunakan 2 komunikasi sekaligus ; yaitu komunikasi analog (4 mA- 20 mA), dan komunikasi digital FSK (frequency shift keying).

Prinsipnya adalah sebagai berikut : 4 mA-20 mA merupakan sinyal analog biasa pada umumnya. Ketika kita menggunakan transmitter level dengan span 0 m - 10 m, maka 0 m setara dengan 4 mA, 5 m setara dengan 12 mA, dan 10 m setara dengan 20 mA (linear).

Protokol HART menggunakan sinyal analog 4-20mA sebagai sinyal yang ditumpangi dari hasil mengkonversi pengukuran di TransmitterKemudian protokol HART yang menumpang dijalur analog 4-20mA menggunakan modulasi digital untuk berkomunikasi dengan cara mengirimkan data serial yang di modulasi dengan FSK (Frequency Shift Keying). Data analog di konversi kedalam digital kemudian dikirimkan melalui serial line dan dimodulasi. Sebelumnya, FSK adalah sebuah metode penyisipan data melalui gelombang sinyal  dengan cara menyisipkan frekuensi. pada komunikasi HART, Frekuensi yang digunakan adalah 2200 Hz dan 1200Hz. frekuensi 2200Hz diterjemahkan sebagai ‘0’ dan 1200Hz diterjemahkan sebagai ‘1’.

HART signal

note : 4-20mA bukanlah HART protokol melainkan Analog Signaling Standard (juga terdapat 10-50mA), dan HART menggunakan 4-20mA untuk salah satu signaling nya.


Percobaan komunikasi HART

from left to right : PLC, Remote I/O and HART module, Scalance Hub

Remote I/O and HART Module

Setiap kali kita ingin menggunakan protokol komunikasi, yang perlu diingat adalah bahwa kita harus mempunyai modul komunikasi yang melekat pada PLC. Disini saya menggunakan modul komunikasi HART dengan seri 6ES7134-6TD00-0CA1 yang melekat pada remote I/O ET 200 SP. Modul ini sebenarnya seperti modul analog input, namun memiliki fitur HART. Jadi yang perlu diingat bahwa tidak semua modul analog input dapat digunakan untuk komunikasi secara HART.

6ES7134-6TD00-0CA1 pin input


Berdasarkan datasheet modul AI HART ini, dapat dilihat bahwa satu modul ini dapat menerima 8 input analog dengan rincian : 4 input HART dan 4 input analog. Untuk wiringnya sama seperti biasa menggunakan looping 2 wire transmitter. Disini level transmitter kita hubungkan ke pin UV0 dan I0+ (channel 0). 

Ciri khas HART

Pada komunikasi HART, dikenal 4 istilah variabel :

1. Primary Variable

2. Secondary Variable

3. Tertiary Variable

4. Quaternary Variable

Setiap transmitter mempunyai 4 variabel tersebut. Kita ambil contoh pressure transmitter yang bisa digunakan untuk aplikasi mengukur tekanan, mengukur level fluida, mengukur laju aliran, dan mengukur volume fluid yang telah melewati aliran. Primary variable transmitter tersebut belum tentu merupakan tekanan, tapi bisa jadi level, laju aliran, atau bahkan fluid's volume. Jadi variabel primary, secondary, atau tertiary itu dapat dilihat pada settingan transmitter. Untuk level transmitter, nanti mungkin akan saya jelaskan variabelnya.

TIA Portal V.16

Seperti biasa, langkah yang dilakukan adalah :

1. Konfigurasikan PLC, remote I/O, dan semua fisik module yang ada


Remote I/O Module (left) and HART Analog Input Module (right)


2. Enable/centang semua parameter pada modul HART

HART Configuration

Klik kanan pada modul HART --> pilih properties --> Pilih Input 0-3 --> pilih Input --> Pilih channel 0 --> centang semua variabel dan HART function di pilihan paling bawah


3. Atur tag data yang mau diambil

Pada satu modul HART, maksimal ada 8 input. Yang bisa diambil datanya secara HART hanya 4 input, karena 4 input lainnya hanya bisa 4-20 mA. Satu input  punya 4 variabel, sehingga total variabel adalah sebanyak 4 x 4 = 16 variabel. Namun HART membatasi bahwa dari 4 input, tidak semua variabel dapat diambil datanya. HART hanya mampu mengambil maksimal 4 data, biasanya data penting berupa primary variabel. Jadi kalau misalnya ada 4 transmitter terhubung ke modul HART, kita maksimal hanya bisa mengambil 4 primary variable dari masing2 transmitter. Kalau misalnya yang terhubung cuman 2 transmitter? Ya kalian bisa pilih mau narik 2 data lainnya berupa apa. Misalnya kita mau secondary variable transmitter tersebut ditarik ya juga bisa.

Setting HART Tag dengan variabel apa yang mau kita ambil. Disini karena saya hanya mau mencoba dengan 1 transmitter level, maka saya mengambil 4 variable tranmistter tersebut.

4 variabel maksimum untuk 1 modul HART


4. PLC Tag

PLC Tag


Pada plc tag, biasanya akan muncul secara otomatis 4 tag : PV, SV, TV, dan QV. Untuk nomor tag nya akan muncul secara otomatis dan bisa kita edit.


5. Radar Tranmsitter LR 250

Pada level transmitter pada umunya, ada 5 istilah penting yang sering digunakan. Ada level, space,  distance, span, dan blanking

Important Parameters on Level Transmitter


Level
 adalah ketinggian fluida (from bottom to blanking point)

Distance adalah jarak total dari tranmitter ke dasar wadah fluida

Space adalah jarak dari dasar fluida ke maksimum span  / Space = Span - level

span adalah jarak dari dasar fluida ke blanking point

Blanking point adalah titik minimum ke nilai batas transmitter. Rata-rata nilai blanking level transmitter di kisaran 0,5 meter. Maksudnya adalah, ketika jarak total dari transmitter ke dasar tangki adalah 10 meter, maka ketika tinggi fluida melebihi 9.5 meter, maka transmitter akan error. Ini seperti treshold value jarak terdekat maksimum yang dapat memburamkan pembacaan transmitter. Disini saya seeting blanking point sebesar 0,5 meter. 

Pada LR250, saya setting distance sebesar 1,85 meter.

LR 250 menggunakan papan penghalang sebagai pengganti fluida

Hasil Percobaan

Oiya seperti yang sudah saya bilang pada bagian sebelumnya, kegunaan modul komunikasi itu adalah agar PLC langsung menerima sekotak informasi tanpa perlu menerjemahkan sinyal dari transmitter. Sehingga disini saya tidak perlu menggunakan program ladder.

Hasil monitoring TIA Portal

Berdasarkan hasil pembacaan level transmitter di atas, diperoleh nilai PV = 0,744. PV di atas merupakan level terbaca. Sementara diperoleh nilai SV =  1,35. Nilai PV adalah level fluida, sementara nilai SV adalah variabel span , dan TV = 1,85 merupakan variabel distance (span + blanking space). Untuk mengganti variabel ini, kita harus setting transmitter langsung secara manual. 

pembacaan level transmitter

Dapat dilihat, transmitter juga menampilkan primary variable yaitu level. Tanda panah pada transmitter menandakan bahwa data transmitter sedang dikirim ke PLC. Kesamaan nilai pembacaan transmitter dengan nilai monitoring yang ditampilkan PLC menandakan bahwa pertukaran informasi dengan modul komunikasi HART telah berhasil.

Wednesday, May 12, 2021

Make daily report from TIA Portal V.16 to Ms.Access and Ms.Excel Automatically using VBScript and ODBC driver | INSTRUMENT PART 11

Pada bagian ini, saya akan sharing pengetahuan saya terkait export data dari TIA PORTAL V.16 ke Ms.Access dan Ms.Excel. Pada bagian sebelumnya, saya sudah pernah sharing bagaimana export data TIA PORTAL ke Ms Excel menggunakan bahasa pemrograman VBScript. Tapi pada kasus tersebut, tidak ada driver jembatan antara TIA PORTAL ke Ms.Excel. Jikalau data TIA PORTAL ingin di export ke database yang lebih besar seperti SQL, SQL Server dan Ms.Access, maka kita harus menggunakan software tambahan yang berfungsi untuk memanggil database yang dirujuk. 

Saya ingin sampaikan di awal, bahwa setiap pengetahuan yang saya share di blog ini bersumber dari pengalaman saya yang telah saya coba secara langsung dan tentunya berhasil. Tidak ada niatan saya untuk sombong atau pamer atas setiap pengetahuan yang saya share di blog ini wkwk, karena sejatinya setiap tulisan yang saya share disini mempunyai 2 tujuan. Pertama sebagai catatan digital saya yang tidak hanya bermanfaat bagi saya pribadi, tapi juga mungkin bermanfaat bagi reader sekalian. Kedua sebagai masukan apabila ada kesalahan ataupun koreksi dari reader, karena saya adalah pribadi yang paling suka diajak diskusi. Oke langsung saja ke bahasannya.

Pada bagian ini, saya mungkin akan menjelaskan tahap-tahap export data dari TIA PORTAL ke MsAccess dan MsExcel.

A. Export data from TIA PORTAL to MsAccess using VBScript and ODBC

1. Konfigurasikan WinCC RT di TIA PORTAL

Konfigurasikan seperti yang telah saya buat di part sebelumnya ; PC system dan WinCC RT. Pada bagian ini, kembali seperti part sebelumnya, saya tidak menggunakan input dari PLC. Artinya, saya tidak menghubungkan laptop dengan PLC secara langsung. Jadi input berasal dari bar yang dapat di regulate nilainya melalui HMI Screen di laptop. 

Konfigurasi WinCC RT di TIA Portal


2. Buat Tag, HMI WinCC screen design , dan scheduled task 

scheduled of exporting data

HMI screen designing

HMI tag


Disini saya membuat 3 parameter input, "suhu", "tekanan", dan "arus"


3. Ketik coding VBScript untuk export data melalui ODBC Data Source

VBScript for export data using ODBC

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sub Create()


Dim objConnection 'declare parameter

Dim strConnectionString

Dim suhu 

Dim tekanan 

Dim arus

Dim strSQL

Dim objCommand


strConnectionString = "Provider=MSDASQL;DSN=parameter;UID=;PWD=;" 'connect to ODBC using Database MsAccess named parameter (line 8)


suhu = HMIRuntime.Tags("suhu").Read 'Input the tag value to the defined parameter (line 9)

tekanan = HMIRuntime.Tags("tekanan").Read

arus = HMIRuntime.Tags("arus").Read



strSQL = "INSERT INTO Table1 (suhu, tekanan, arus) VALUES (" & suhu & ", " & tekanan & ", " & arus & " );" 'Input the value of parameter to field name on MsAccess (line 12)


Set objConnection = CreateObject("ADODB.Connection")

objConnection.ConnectionString = strConnectionString

objConnection.Open

Set objCommand = CreateObject("ADODB.Command")

With objCommand

.ActiveConnection = objConnection

.CommandText = strSQL

End With

objCommand.Execute

Set objCommand = Nothing

objConnection.Close

Set objConnection = Nothing


End Sub

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

note : 

*line 8 : "DSN =   " diisi dengan nama file DSN pada ODBC. Nama file DSN yang saya buat adalah paraemeter, dapat dilihat pada gambar langkah ke-4 di bawah.

*line 9 : sesuaikan nama tag dengan tag di TIA Portal

*line 12 : strSQL = "INSERT INTO Table1 (suhu) VALUES (" & suhu & ");"

Table1 merupakan nama sheet tabel di file MsAccess yang saya jadikan database. Dapat dilihat pada gambar langkah ke-3 di bawah. suhu merupakan field name (kepala kolom di MsAccess yang saya buat (gambar di bawah juga). & suhu & merupakan syntax untuk memanggil tag suhu pada TIA Portal. Jadi makna keseluruhan line 10 adalah : Mengambil nilai tag suhu dari TIA Portal dan menginputnya ke database Access Table1 ke kolom yang namanya suhu.

3. Buat File Access yang akan dijadikan sebagai database

buat kolom pada file Access dengan nama suhu, tekanan dan arus

file Access yang telah dibuat


4. Konfigurasi ODBC

Nama DSN tidak harus sama dengan nama file Access, tapi disini saya samakan saja wkwkw. 

Buat database baru pada ODBC


5. Buat Field Name untuk Tanggal dan Pukul data tersebut di export

Berbeda dengan part sebelumnya dimana Date and Time dibuat melalui coding VBScript, pada MsAccess kita bisa membuat Date and Time langsung pada file database MsAccess. Caranya adalah sebagai berikut :

Pilih view

Buat fieldname Tanggal dengan format dan default value seperti di atas

Buat fieldname Pukul dengan format dan default value seperti di atas

Default value harus diketik dengan syntax =Now()

B. Export data from TIA PORTAL to MsExcel

Mungkin untuk export data dari TIA Portal ke MsExcel sudah pernah daya bahas di bagian sebelumnya. Namun karena tipe data pada file tersebut berupa .CSV dan bukan .xlxs, maka di bagian ini saya akan mencoba altenatif menggunakan ODBC Driver. Bedanya adalah, ketika menggunakan ODBC, saya harus create suatu file excel terlebih dahulu, baru nantinya dihubungkan file tersebut ke database referensi di ODBC. 

Karena pada driver ODBC tidak tersedia ekstensi Excel (.xlss), maka kita menggunakan database file MsAccess yang tadi telah kita buat menjadi jembatan penghubungnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Kita create terlebih dahulu file Excel nya.

2. Kemudian pada toolbar Excel, pilih Data --> Get External Data --> From Other Source --> From Data Connection Wizard --> Pilih file database Access yang telah kita create sebelumnya --> Tekan next hingga tahap akhir.

3. Setiap data yang sudah di export ke database MsAccess, tidak langsung secara otomatis terkirim ke MsExcel. Kita harus merefresh terlebih dahulu dengan menekan 

refresh file Excel


Hasil 

exporting data from TIA Portal to Ms Access


ODBC database to Ms.Excel


Seperti biasa karena pada percobaan ini TIA Portal tidak terhubung ke fisik PLC, saya gunakan simulasi dengan fitur slider (nilai input berasal dari slider yg dapat di atur naik turun). Dapat di lihat bahwa data dari TIA Portal (Win CC) dapat langsung terexport ke Ms.Access setiap 5 detik sesuai jadwal schedule task yang kita buat. Exporting data seperti ini sangat berguna di insdustri sekarang ini karena pada setiap industri sudah ditutut sejak dulu capability instrumen tidak hanya untuk monitoring sistem, tapi juga sebagai data logger. Tingkatan lebih tinggi tentunya sudah dalam ranah server, agar data tersebut tidak hanya bisa diakses oleh orang di pabrik, tapi juga bisa hingga antar negara secara real time tentunya.

Tuesday, May 4, 2021

Selamat Hari Pendidikan!!!

Teknik Fisika dan Sistem Pendidikan di Indonesia

Selamat Hari Pendidikan buat seluruh Guru dan Tenaga Pendidik di Indonesia. Salah satu profesi yang begitu hebat dan selalu membuat saya kagum. Oiya di bagian ini saya ingin share pandangan dan tanggapan saya terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Saya disclaimer bahwa ini merupakan opini pribadi saya berdasarkan apa yang telah saya alami dan jalani secara langsung. Tidak ada maksud dan niat saya dalam memojokkan apapun dan siapapun dalam bagian ini. Murni sebagai kritikan yang saya yakin dapat membangun pendidikan di Indonesia.

Sebenarnya opini terkait pendidikan di Indonesia ini sudah banyak disampaikan oleh beberapa pihak. Namun entah kapan kritik ini dapat direalisasikan oleh pemerintah Indonesia. Mari kita bahas.....

Salah satu kritik yang selalu bergema terkait pendidikan di Indonesia adalah mengenai pendidikan general yang sebenarnya memberatkan siswa. Mengapa saya katakan begitu? Bukan tanpa alasan, karena saya sendiri sudah merasakan dunia kerja. Oke dimulai dari sejak SMP. Kurikulum SMP yang saya jalani di tahun 2009-2012 lalu, sama seperti sekolah lain kebanyakan. Mulai diajarkan pelajaran eksak seperti kimia, fisika, matematika yang sudah mengarah kepada aljabar wkwk dan pelajaran soshum seperti geografi, ekonomi, dan sejarah. Tentu setiap pelajaran mempunyai tujuannya masing-masing. Tapi yang ingin saya soroti disini adalah lebih ke arah ekstrakulikuler yang terlihat juga begitu general (sama seperti kurikulumnya wkwk). Ekskul yang ada di sekolah saya dulu seperti english club, paduan suara, athletic, dan seperti klub-klub kecil mata pelajaran. Ada klub matematika, klub biologi, dan lainnya. Tidak ada yang salah memang, tapi kita hold dulu realitanya. Waktu itu sih saat saya SMP ada pelajaran elektronika, tapi saya gak begitu paham entah karena silabusnya yang tidak jelas atau bagaimana, sehingga minat siswa terhadap elektronika begitu rendah. Oiya SMP saya merupakan SMP swasta, yang bisa dibilang untuk fasilitas bisa dibilang udah oke lah. Komputer di lab sudah pentium 4, bahkan saat saya kelas 9, layar komputer sudah diganti LCD semua wkwk.

SMA Sutomo 1 Medan

xii-ipa-11 sutomo 1 medan 2015


xii-ipa-11 sutomo 1 medan 2015


Next saya bahasa realita ketika saya SMA. Saya sekolah di SMA Swasta Sutomo 1 Medan. Mungkin saya lebih banyak concern ke kurikulum SMA dan sistem SBMPTN (seleksi masuk perguruan tinggi). Fyi, SMA S Sutomo 1 Medan merupakan SMA peringkat 1 di Sumatra Utara (bukan maksud saya untuk sombong). Kurikulum dan standar SMA Sutomo 1 Medan ini saya bisa katakan begitu gila.

soal yang diberikan di awal SMA. fyi ini soal latihan, bukan ujian wkwkwk

Untuk informasi saja, standar soal ujian di Sutomo ini menggunakan standar soal ujian Singapore (O-level Exam). Sebulan saya sekolah disini, saya benar-benar merasa tertekan. Kenapa? Karena seperti ada missing knowledge antara bekal yang saya bawa dari SMP dengan realita yang saya hadapi di SMA. Istilah ujian disini disebut Pekan Bulanan (PB), biasanya dalam satu semester ada 2 PB dan 1 UAS. Ketika hasil PB 1 awal sekolah keluar, saya tidak begitu heran dengan hasil saya yang bisa dibilang ancur-ancuran lah. Ditambah lagi dengan matkul mandarin saya yang nilainya 20 an hahahah. "Ya udahlah, namanya juga lagi adaptasi" pikir saya saat itu. Yang bikin saya kaget adalah ternyata banyak teman sekelas yang orangtuanya di panggil oleh wali kelas karena nilai mereka yang begitu rendah. Kalau tidak salah sih setelah teman saya cerita, walikelas kira-kira ngomong gini ke ortu teman saya, "kalau saran dari saya pindah sekolah Bu, soalnya kalau dipaksain tetap di sini (Sutomo) takutnya ntar gak naik (tinggal kelas)". Jadi memang sekolah ini terlihat bukan mengutamakan bisnis, tapi lebih ke arah kualitas.

Karena merasa tidak kuat bila hanya mengandalkan sekolah formal, saya mengikuti kursus les. Isi materinya ya soal-soal eksak. Dulu semua siswa sebutnya MaFiA. Matematika, Fisika, dan Kimia. Jam lesnya? Ya tiap hari. Bahkan menjelang ujian PB, les tetap buka di hari minggu untuk mematangkan persiapan. Dan bukan hanya saya, hampir semua siswa Sutomo mengikuti les. Tujuan utamanya hanya sekedar bisa bertahan di sekolah ini. Jangankan dapat ranking, tidak kena SP ortu saja udah senang wkwkwkwkwk. Sistem sekolah ini saya akui bagus, membuat siswanya disiplin dan berjuang hahahaha. Tapi saya rasa terlalu berlebihan. Sebut saja dengan soal ujiannya yang setelah saya telisik lebih lanjut, itu setara dengan soal-soal olimpiade bahkan tingkat nasional di Indonesia. Tapi sisi positif sekolah ini tentunya mempersiapkan siswanya menghadapi SBMPTN. Siswa lulusan Sutomo banyak masuk perguruan tinggi negri, bahkan banyak juga yang targetnya ke NTU atau NUS Singapura. Saya yang mengira awalnya bahwa modal ilmu di Sutomo ini dapat berguna hingga kuliah, ternyata keliru. Ilmu tersebut hanya sampai tes SBMPTN, setelah kuliah? Ya yang berguna cuma fisika dan matematika hahaha. Itupun fisika dan matematika basic. Jadi sebenarnya sekolah SMA 3 tahun manfaatnya 95% hanya untuk bekal SBMPTN hahaha. Syukur saya akhirnya bisa masuk ke Teknik Fisika UGM dengan modal yang berat sejak SMA. Walau ilmunya banyak yang udah hilang hahahaha.

Di Sutomo ini wadah pengembangan peminatan terhadap skill dan keahlian juga saya bilang sangat rendah. Misalnya saja ekskul nya yang juga sangat umum. Palingan ekskul-ekskul spesifik adanya seperti kelas robotika dan komputer (animasi visual). Paling banyak ya ekskul bahasa tentunya. Jadi bisa dibilang hanya berfokus pada kualitas akademik. 

Sistem SBMPTN

Saya gak begitu update tentang standar masuk SBMPTN (tes masuk Perguruan Tinggi) saat ini. Yang saya tahu pada zaman saya dulu, soalnya sama gilanya dengan soal PB di Sutomo. Dulu saya masih ingat, saat kelas 12 saya mengikuti bimbel kelas khusus persiapan SBMPTN. Harganya? 10 juta dengan materi les selama 6 bulan. Siang sepulang sekolah jam 3, saya langsung menuju bimbel untuk mengikuti les. Jam 6 pulang ke rumah naik angkot udah dalam kondisi pusing mual lemas hahahahah. Persis udah kayak orang linglung. Nyampe rumah cuman makan sama mandi, abis itu pasti langsung tidur. Besoknya udah harus berangkat sekolah lagi jam 6 pagi. Ya begitulah rutinitas saya selama 1 tahun. Target saya sudah bukan UN, tapi udah SBMPTN.

Pandangan saya terhadap sistem ini, seharusnya sistem ini dibaharui. Alasan saya ada beberapa hal, :

1. Standar soal begitu tinggi, sementara standar pendidikan di masing-masing daerah tidak merata. Bisa jadi siswa di Jakarta bisa mengerjakan soal matematika dengan mudah, sedangkan siswa di Papua perkalian saja masih lambat (hanya contoh).

2. Untuk apa memasukkan suatu standar, yang saat kuliah kemungkinan besar tidak diulangi lagi. Banyak ilmu eksak yang saya rasa terlalu berlebihan untuk digunakan sebagai standar SBMPTN. Misalnya aljabar deret, fisika kuantum, dan kimia yang campur bahan2 wkwkwk. Apakah Teknik Fisika mengaplikasikan fisika kuantum? Tidak. Apakah Teknik Kimia mengaplikasikan campur2 bahan? Tentu tidak, teknik kimia concern ke bidang perancangan sistem dan pabrik. Jadi untuk apa membuat suatu standar tinggi tapi pada akhirnya tidak aplikatif. Ini yang begitu saya sadari ketika saya kuliah dan kerja.

Saran saya untuk standar SBMPTN/sejenisnya, pilih soal yang aplikatif saja. Pasti tenaga pendidik paham lah makna aplikatif disini seperti apa. Kedua, harusnya sistem SBMPTN sekarang sudah menyertakan soal mengenai keahlian dan skill. Misalnya ketika seorang mau masuk bidang teknik, diberikan soal terkait aplikasi ilmu teknik. Seorang yang memiliki minat programming diberi soal mengenai pemrograman. Ya tidak perlu juga kan minat teknik tapi diberi soal anatomi tubuh manusia. Tidak perlulah standar SBMPTN memberatkan siswa, apalagi memaksa seseorang ahli dalam semua ilmu. Sudah saatnya standar test Universitas harus spesifik dan menjurus kepada bidang peminatannya menurut saya.

Teknik Fisika

Okei selanjutnya saya akan membahas mengenai teknik fisika dan kurikulum perkuliahan. Teknik Fisika secara definisi umumnya merupakan ilmu yang memanfaatkan fenomena-fenomena fisika dalam aplikasi ilmu teknik. Ilmu teknik gabungan yang include di Teknik Fisika seperti ilmu teknik mesin (mechanical dan energy conversion), Elektrikal (Arus lemah, Kontrol, dan Telekomunikasi), Teknik Kimia (Proses), dan Teknik Material. Itulah mengapa Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika ITB memiliki logo bajak laut, yang melambangkan bahwa teknik fisika "membajak" ilmu-ilmu teknik lainnya.

Logo HM Tekfis ITB

Di Teknik Fisika UGM sendiri seperti yang pernah saya sampaikan, memiliki 3 peminatan ilmu :

1. Peminatan Kontrol dan Instrumentasi
2. Peminatan Energi Terbarukan dan Konversi Energi
3. Peminatan Akustik/ Fisika Bangunan.

saya dengan korsa tekfis UGM wkwkw

Dunia Kerja

setelah pendadaran

Setelah saya lulus dari UGM, saya bekerja di salah satu distributor Siemens sebagai Technical Support. Siemens sendiri sudah terkenal sebagai perusahaan pembuat peralatan pabrik seperti Field Instrument (Sensor, Transmitter, Positioner). Electrical Device ( Kontaktor, Power Supply, Motor, Inverter), Factory Automation (PLC, Remote I/O Module, Switch Hub), dan Industrial Communication (Kabel, Communication Module). 

Mungkin ada yang berpikir bahwa semua yang saya sebut di atas merupakan materi yang sudah saya terima sejak saya kuliah. 

Jawaban saya : bekal kuliah saya bahkan tidak sampai 5% dari pemahaman saya tentang instrumentasi hingga saat ini.

Banyaj pernyataan dan pertanyaan yang sering saya dengar bersliweran 

Lah namanya juga fresh graduate, wajarlah gak paham apa-apa

Mungkin di tempat kerjaan kamu beda dengan yang dibahas dosen

Emang di kuliah gak diajarin sama dosen di UGM?

Pertanyaan dan pernyataan di atas, mungkin ada benarnya. Tapi tidak salah jikalau kita ingin lebih siap masuk ke dunia kerja, kita harus mengkoreksi kurikulum perkuliahan. Sejujurnya, ada satu hal yang menjadi beban terberat saya. Menulis kalimat "majoring on instrumentation" pada CV saya ketika saya lulus dari UGM. 

headline of my CV hahahaha


Mengapa saya katakan "beban"? Karena keberanian itu timbul hanya dari pengalaman KP saya di PT.Saka dan berbekal sertifikat pelatihan PLC di Institut Teknologi Bandung. Kalau pas interview ditanya tentang instrumen?  

Ya jawaban saya didominasi :

"hmm belum pernah Pak...... hmmm kurang paham Pak".

Ya begitulah dilema yang saya alami. Saya merasa tidak membawa bekal banyak dari perkuliahan. Entah saya yang kurang memiliki inisiatif belajar sendiri, entah saya yang tidak paham seperti apa realistis dunia kerja yang akan saya hadapi di depan.

Ketika hari pertama saya bekerja, saya masih ingat betul ditanya mengenai ini :

 "Wiring transmitter paham kan?".

2-wire wiring transmitter

Saat di kampus dulu ya saya cuman diajarin jenis-jenis transmitter. Untuk wiringnya? ya gak pernah diajarin lah. Kemudian ketika saya diberi materi PLC saat bekerja, saya begitu percaya diri bahwa saya pasti udah paham 60% terkait PLC berbekal sertifikasi pelatihan di ITB. 

Kemudian mentor saya berkata,

"Franky tolong PLC nya kamu wiring dulu ya". 

Ya kembali saya dengan malu berkata bahwa saya tidak paham. Malu memang, kelihatannya seperti pelatihan saya dulu sia-sia. Dulu pas pelatihan selama 3 hari, setiap hari saya diajarkan cara programming PLC. Tapi tidak ada satupun peserta yang curious terkait wiringnya. Padahal menurut saya, programming dan wiring itu sama pentingnya. Saat kerja ini juga saya baru lihat dan megang secara langsung berbagai jenis transmitter. Bahkan saya juga diajari dan dituntut untuk bisa men-setting beberapa jenis transmitter, dan ternyata setelah saya pahami bahwa beda jenis transmitter, beda pula cara settingnya hahaha.

TF C UGM 2015, was taken on 24th April 2021

Setelah teman-teman sekelas saya saat kuliah dulu melakukan reuni kecil-kecilan, saya dapat menyimpulkan bahwa ternyata teman-teman teknik fisika UGM banyak beralih ke pengolahan dan pemrosesan data. Ada yang menjadi data scientist, data engineer, dan data analytics. Kalau kesimpulan saya sih, fenomena ini timbul atas 2 hal : lapangan kerja mengenai segala sesuatu yang berbau data di era digital ini sangat diperlukan untuk analisis dan pengambilan keputusan perusahaan, dan yang kedua tentunya mereka tidak begitu mendapat bekal yang cukup selama kuliah di teknik fisika. Kenapa tidak mendapat bekal yang cukup? Ya karena sarana penunjang antara teori dan praktek yang saya sampaikan di atas selama perkuliahan sulit direalisasikan. Saat kuliah mahasiswa tidak pernah melihat langsung transmitter, saat kuliah mahasiswa tidak pernah lihat langsung PLC, saat kuliah mahasiswa tidak pernah diajarin program HMI. Ya saya gak begitu tau penyebab tidak adanya pengadaan barang-barang tersebut di laboratorium. 

Tapi yang bisa saya sampaikan "Practice is the best education". 

Kalau alasan teman saya sih umumnya sama,  "Gw gak merasakan passion di teknik fisika". Menurut saya penyebab utamanya ya karena mereka tidak mendapat practice yang cukup selama kuliah, sama seperti saya juga. Tapi saya bersyukur bahwa saat kerja sekarang, saya benar-benar dibimbing dari awal untuk belajar instrumentasi lebih dalam. Saya tidak bermaksud memberikan komen negatif atau kritik terkait pekerjaan teman saya, tapi saya mau fokus kepada pengaruh bekal kuliah terhadap dunia kerja.

Tapi kan kebanyakan orang pekerjaannya berbeda dengan bidang pendidikannya.....

Ya realita nya seperti itu, tapi saya rasa penyebab realita di atas adalah seperti apa yang saya sampaikan sebelumnya.

Apa yang perlu kita koreksi terkait pendidikan di Indonesia?

Menurut saya ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam setiap tingkatan pendidikan di Indonesia :

1. Kurikulum SMP saya rasa sudah bagus, tapi menurut saya pemisahan antara IPA dan IPS sudah harus dilakukan sejak kelas 8 SMP, bukan kelas 11 SMA. Di samping itu yang perlu disoroti adalah terkait ekstrakulikuler yang seharusnya sudah mengarah kepada skill dan keahlian dasar.

2. Kurikulum SMA menurut saya sudah harus disisipi dengan keahlian-keahlian yang sudah mengarah kepada minat perkuliahan.  Perlu adanya ekskul terkait skill dan keahlian lanjutan,misalnya ditambahkan ekskul desain seperti Autocad and Solidwork Electrical dan Mechanical design bagi siswa yang minatnya ke teknik, Corel Draw dan photoshop  design bagi siswa yang minatnya ke multimedia, basic programming bagi siswa yang minatnya ke pemrograman, dsb. Kalaupun ada materi-materi eksak, menurut saya secukupnya saja. Di tingkat ini pula seharusnya sudah ditanamkan jiwa wirausaha kepada setiap siswa.

"Ya kalau seperti itu mending masuk STM atau SMK saja!"

STM/SMK itu terkait skill memang bagus, tapi yang menjadi nilai lebih SMA disamping teorinya adalah pembinaan disiplin dan karakter yang menurut saya masih lebih bagus. Disamping itu ada skill-skill general seperti bahasa yang saya rasa juga menjadi nilai tambah SMA.

3. Kurikulum perkuliahan harusnya sudah 50% teori : 50% praktik. 

"Tapi kan alat-alat praktek mahal?" 

Ya memang seperti itu caranya agar mahasiswa Indonesia maju dan siap kerja. Kalau cuma teori di kelas terus, saya rasa sampai kapanpun akan banyak produk mahasiswa yang tidak siap menghadapi realita pekerjaan.

"Kenapa tidak masuk D3?"

Saya rasa keunggulan S1 dibanding D3 ada di pola pikir terstruktur. Saya begitu mengacungi jempol kepada mahasiswa D3 terkait keterampilan mereka, tapi untuk setiap tingkat pendidikan pasti ada perbedaan. S1 dengan masa kuliah lebih lama seharusnya lebih memiliki pola pikir yang terstruktur dan sistematis dalam menghadapai problema.

The Phenomena

1. Dulu saya punya teman SMP. Ketika SMA, kami berpisah dan tidak berada pada satu sekolah. Saya tahu dia begitu pintar, dibuktikan dengan partisipasinya dalam OSN (Olimpiade tingkat SMA) hingga tingkat Nasional. Ketika kuliah, saya begitu kaget mendengar bahwa dia tidak lolos di Univ negri manapun saat SBMPTN. Dan fenomena ini terjadi tidak hanya kepada satu teman saya. Analisa saya adalah bahwa dia terlalu mengorbankan waktu belajarnya untuk olimpiade, sementara dia tidak mempersiapkan dirinya untuk paham semua bidang (standar Indonesia untuk SBMPTN wkwk). Miris memang, tapi realitanya adalah seperti itu.

2. Ketika saya kuliah di UGM, saya melihat fenomena sedikit banyak mahasiswa UGM yang memilih pindah ke sekolah kedinasan. Alasan pertama mungkin jurusan kuliah itu tidak sesuai dengan keinginannya. Alasan kedua tentunya adalah "kepastian". Yaa di zaman sekarang ini, gelar sarjana tidak menjamin seorang cepat dan mudah mencari pekerjaan. Kenapa orang memilih kedinasan? Ya karena uang sekolahnya gratis, langsung kerja, dan ada yang langsung bisa jadi PNS. Siapa orang di zaman ini yang tidak tergiur dengan kepastian? Bukan berarti saya merendahkan atau meletakkan stigma negatif pada kedinasan, tapi kembali kepada motif utama tadi. Apakah kampus/universitas tidak mampu memberikan jaminan/kepastian kepada mahasiswanya terkait pekerjaan? Terkait masa depan?

"Kampus kan cuman memberikan materi, selanjutnya ya mahasiswa lah yang menentukan masa depannya"

Tapi kalau tidak memiliki keahlian, bagaimana bisa memiliki daya saing? Keahlian timbul dari sarana dan prasarana kampus yang memadai. Jadi menurut saya kekurangan sistem pendidikan kampus ada pada aktualisasi antara teori di kelas dengan kenyataan di lapangan.

Di akhir kata menurut pandangan saya, seluruh petinggi di bidang pendidikan perlu lah setidaknya mengkaji ulang kurikulum mereka dari jenjang terendah sampai tertinggi apakah sistem yang sudah ada masih relevan dengan zaman digitalisasi saat ini? Apakah sistem yang sudah ada koheren dengan minat dan skill peserta didik atau masih merepotkan dengan pelajaran yang tidak perlu? Apakah sisem yang sudah ada mampu merangsang jiwa wirausaha dalam diri peserta didik? Semoga kedepannya sistem pendidikan di Indonesia lebih baik dan maju.


TERIMAKASIH untuk GURU dan TENAGA PENDIDIK!!!!!!!!